Selasa, 03 Januari 2017

Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur



REVIEW JURNAL








Nama : Sufi Ghossan
 NPM : (16515698)
                                                 Kelas : 2PA10                


Judul Jurnal     : Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam
  Keluarga Di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur
Volume            : Vol 4, no 1
Tahun              : 2016
Halaman          : 189-199
Nama               : Yeny Nabilla Akmarina

e-jurnal Ilmu Komunikasi



Review Jurnal
I.            Latar Belakang Masalah
A.     Masalah
Permasalahan adalah untuk mengetahui Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur.
B.     Tujuan Masalah
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur.

II.          Metode
A.     Metode Yang Digunakan
Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan SPSS 19.0. Metode eksperimen.
B.     Sampel Atau Subjek Penelitian
1.      Siapa?
Anak dan orang tua
2.      Dimana?
Dikelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur
3.      Berapa?
85 responden
C.     Alat Ukur Yang Digunakan
1.      Kuesioner
2.      Wawancara

III.       Pembahasan Atau Diskusi
Pembahasan
Dalam kurun waktu beberapa tahun akhir ini permainan elektronik atau yang biasa kita sebut dengan istilah game online telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Game online tidak hanya menjamur dikota-kota besar tetapi juga telah merambah di pelosok Kabupaten Kutai Timur tepatnya di kota Sangatta.
Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah game center yang muncul dengan pelanggan yang sering kali lebih banyak daripada pengunjung warnet (warung internet). Peneliti melakukan wawancara kepada para gamers usia 6-12 tahun mengenai permainan apa saja yang mereka sukai. Adapun beberapa jenis permainan game online yang sering dimainkan oleh anak-anak adalah point blank, lost saga, dota 2, ayo dance (audition), dan viva online. Permainan yang digemari anak-anak adalah permainan yang berbau kekerasan.
Hal seperti ini yang ikut mempengaruhi hubungan antar pribadi anak dan orang tua. Tak jarang mereka pun tidak banyak bicara dengan orang tua, bicara hanya seperlunya hanya untuk urusan minta uang dan makan. Jika permintaan mereka dituruti mereka akan berlaku dan bertindak baik, namun sebaliknya jika orang tua menolak maka mereka akan berperilaku dan bersikap kasar seperti game yang sering mereka mainkan.




IV.       Kesimpulan
Kelebihannya dengan menggunakan SPSS 19.0 didapat hasil R2 = 0,709 maka terdapat pengaruh antara Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur sebesar 70,9%.

DAFTAR PUSTAKA
Cangara, H. Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Daryanto. 2011. Ilmu Komunikasi Komunikasi Efektif. Bandung:Satu Nusa
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung:PT. ROSDAKARYA
Devito, Joseph  A. 2007 . The Interpersonal Communication. Book.Edisi 11.          Pearson Educations, Inc
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta:RINEKA CIPTA
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi & Praktik. Jakarta: Graha Ilmu
Harapan, Edi. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Raja Garafindo Persada
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi Dan Medianya. Yogyakarta: GrahaIlmu
Kriyantono, Rakhmat.2007.Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
McQuaill, Dennis.2011.Teori Komunikasi Massa McQuaill. Jakarta:Salemba Humanika
Morissan. 2013. Teori Komunikasi:Individu Hingga Massa. Jakarta:Kencana
Mulyana, Deddy. 2012. Human Communication, Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT. ROSDAKARYA.
Rakhmat, Jalaluddin. 1984. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santoso, Edi. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suciati. 2014. Komunikasi Interpersonal. Jogjakarta: Buku Litera
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.  Bogor Selatan: Ghalia  Indonesia
Wisnuwardhani, Dian. 2012. Hubungan interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika
Yusuf, Syamsu .2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan  Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Jurnal ilmiah :
Damara, M. Albir. 2013.  Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan”
Fauziah, Eka Rusnani. 2013. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak Smp Negeri 1 Samboja”
Latifah. 2014. “Analisis Literasi Media Televisi Dalam  Keluarga
(Studi Kasus Pendampingan Anak Menonton Televisi Di Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Psikologi

Nama Kelompok Fahri 12515386 Sufi Ghossan 16515698 Rancangan Aplikasi Tes APM Model sistem secara manual yang digunakan adalah...