REVIEW JURNAL
Nama : Sufi Ghossan
NPM : (16515698)
Kelas
: 2PA10
Judul Jurnal : Pengaruh Bermain Game Online Terhadap
Efektifitas Berkomunikasi Dalam
Keluarga Di Kelurahan Swarga Bara Kota
Sangatta Kab. Kutai Timur
Volume : Vol 4, no 1
Tahun : 2016
Halaman : 189-199
Nama : Yeny Nabilla Akmarina
e-jurnal Ilmu Komunikasi
Review Jurnal
I.
Latar
Belakang Masalah
A.
Masalah
Permasalahan
adalah untuk mengetahui Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas
Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai
Timur.
B.
Tujuan
Masalah
Tujuan
penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Bermain Game Online
Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota
Sangatta Kab. Kutai Timur.
II.
Metode
A.
Metode
Yang Digunakan
Peneliti
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan SPSS
19.0. Metode eksperimen.
B.
Sampel
Atau Subjek Penelitian
1.
Siapa?
Anak dan orang tua
2.
Dimana?
Dikelurahan Swarga
Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur
3.
Berapa?
85 responden
C.
Alat
Ukur Yang Digunakan
1.
Kuesioner
2.
Wawancara
III.
Pembahasan
Atau Diskusi
Pembahasan
Dalam
kurun waktu beberapa tahun akhir ini permainan elektronik atau yang biasa kita
sebut dengan istilah game online telah mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Game online tidak hanya menjamur dikota-kota besar tetapi juga telah
merambah di pelosok Kabupaten Kutai Timur tepatnya di kota Sangatta.
Hal
ini terlihat dari banyaknya jumlah game center yang muncul dengan pelanggan
yang sering kali lebih banyak daripada pengunjung warnet (warung internet). Peneliti
melakukan wawancara kepada para gamers usia 6-12 tahun mengenai permainan apa
saja yang mereka sukai. Adapun beberapa jenis permainan game online yang sering
dimainkan oleh anak-anak adalah point blank, lost saga, dota 2, ayo dance
(audition), dan viva online. Permainan yang digemari anak-anak adalah permainan
yang berbau kekerasan.
Hal
seperti ini yang ikut mempengaruhi hubungan antar pribadi anak dan orang tua.
Tak jarang mereka pun tidak banyak bicara dengan orang tua, bicara hanya
seperlunya hanya untuk urusan minta uang dan makan. Jika permintaan mereka
dituruti mereka akan berlaku dan bertindak baik, namun sebaliknya jika orang
tua menolak maka mereka akan berperilaku dan bersikap kasar seperti game yang
sering mereka mainkan.
IV.
Kesimpulan
Kelebihannya
dengan menggunakan SPSS 19.0 didapat hasil R2 = 0,709 maka terdapat pengaruh
antara Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga Di
Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur sebesar 70,9%.
DAFTAR
PUSTAKA
Cangara, H. Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada
Daryanto. 2011. Ilmu Komunikasi
Komunikasi Efektif. Bandung:Satu Nusa
Desmita. 2013. Psikologi
Perkembangan. Bandung:PT. ROSDAKARYA
Devito, Joseph A. 2007 . The Interpersonal Communication.
Book.Edisi 11. Pearson
Educations, Inc
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam
Keluarga. Jakarta:RINEKA CIPTA
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu
Komunikasi & Praktik. Jakarta: Graha Ilmu
Harapan, Edi. 2014. Komunikasi
Antar Pribadi. Jakarta: Raja Garafindo Persada
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi Dan Medianya. Yogyakarta: GrahaIlmu
Kriyantono, Rakhmat.2007.Teknik
Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
McQuaill, Dennis.2011.Teori
Komunikasi Massa McQuaill. Jakarta:Salemba Humanika
Morissan. 2013. Teori
Komunikasi:Individu Hingga Massa. Jakarta:Kencana
Mulyana, Deddy. 2012. Human Communication, Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT.
ROSDAKARYA.
Rakhmat, Jalaluddin. 1984. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Santoso, Edi. 2010. Teori
Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suciati. 2014. Komunikasi
Interpersonal. Jogjakarta: Buku Litera
Sugiyono. 2010. Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan.
Jakarta: Erlangga
Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Bogor Selatan: Ghalia Indonesia
Wisnuwardhani,
Dian. 2012.
Hubungan interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika
Yusuf, Syamsu .2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan
Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Jurnal ilmiah :
Damara, M. Albir. 2013. “Kurikulum
Dan Teknologi Pendidikan”
Fauziah, Eka Rusnani. 2013. “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan
Perilaku Anak Smp Negeri 1 Samboja”
Latifah. 2014. “Analisis Literasi Media
Televisi Dalam Keluarga
(Studi Kasus Pendampingan Anak Menonton Televisi Di Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda)”
(Studi Kasus Pendampingan Anak Menonton Televisi Di Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda)”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar